Pada
kesempatan kali ini, kami akan memposting sebuah game yang telah kami
modifikasi, dengan menggunakan aplikasi Strawberry Prolog, game ini di beri
nama oleh kami adalah "Transformers Matches" yang
dimodifikasi oleh Mahardhika Raditya Pradipta dan Ibrahim Sidik
Prolog adalah
bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedur.
Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman
logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski
sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang
memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkain perintah untuk dijalankan
komputer.
Berbeda dengan
bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensional sebagai
teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bajasa
pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang
disebut heuristik (heuristic) dengan menggunakan pohon logika.
Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain
Hampir semua bahasa
pemrograman yang ada pada saat ini seperti Pascal, C, Fortran, disebut
procedural language untuk menggunakan bahasa tersebut diperlukan algoritma atau
procedure yang dibuat untuk menyelesaikan masalah. Program dapat menjalankan
procedure yang sama berulang-ulang dengan data masukkan yang berbeda-beda.
Procedure serta pengendalian program sepenuhnya ditentukan oleh programmer dan
perhitungan yang dilakukan sesuai dengan procedure yang telah dibuat. Dengan
kata lain, Pemrograman harus memberi tahu komputer bagaimana komputer harus
menyelesaikan masalah.
Prolog
mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahasa yang disebutkan di atas,
prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative language.
Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan data-data object
(fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object tersebut yang membentuk
suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan dalam mencari
suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah database.
Pemrogram
menentukan tujuan (Goal) dan komputer akan menentukan bagaimana cara mencapai
tujuan tersebut serta mencari jawabannya. Caranya dengan menggunakan “Formal
Reasoning” yaitu membuktikan cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang telah
ada dan relasinya. Prolog memecahkan masalah seperti yang dilakukan oleh
fikiran manusia.
Dengan
demikian, Prolog sangat ideal untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur
dan yang prosedur pemecahannya tidak diketahui, khusunya untuk memecahkan
masalah non numeric.
Cara memainkan game ini
·
Pilih kondisi kemenangan yang diinginkan, “harus
mengambil icon terakhir” atau “jangan mengambil icon terakhir”
·
Pilih apakah player atau komputer yang jalan
terlebih dahulu
·
Player dan komputer secara bergantian mengambil
icon sampai kondisi kemenangan tercapai
·
Permainan juga bisa draw atau seri, jika player
atau komputer gagal menyelesaikan goal dengan waktu yang ditentukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar