Minggu, 22 Juni 2014

T2 PENGENALAN GAME



Pada kesempatan kali ini, kami akan memposting sebuah game yang telah kami modifikasi, dengan menggunakan aplikasi Strawberry Prolog, game ini di beri nama oleh kami adalah "Transformers Matches"  yang  dimodifikasi oleh Mahardhika Raditya Pradipta dan Ibrahim Sidik
Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedur. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkain perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensional sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bajasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang disebut heuristik (heuristic) dengan menggunakan pohon logika.
Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain
Hampir semua bahasa pemrograman yang ada pada saat ini seperti Pascal, C, Fortran, disebut procedural language untuk menggunakan bahasa tersebut diperlukan algoritma atau procedure yang dibuat untuk menyelesaikan masalah. Program dapat menjalankan procedure yang sama berulang-ulang dengan data masukkan yang berbeda-beda. Procedure serta pengendalian program sepenuhnya ditentukan oleh programmer dan perhitungan yang dilakukan sesuai dengan procedure yang telah dibuat. Dengan kata lain, Pemrograman harus memberi tahu komputer bagaimana komputer harus menyelesaikan masalah.
Prolog mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahasa yang disebutkan di atas, prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan data-data object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object tersebut yang membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah database.
Pemrogram menentukan tujuan (Goal) dan komputer akan menentukan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut serta mencari jawabannya. Caranya dengan menggunakan “Formal Reasoning” yaitu membuktikan cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang telah ada dan relasinya. Prolog memecahkan masalah seperti yang dilakukan oleh fikiran manusia.
Dengan demikian, Prolog sangat ideal untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur dan yang prosedur pemecahannya tidak diketahui, khusunya untuk memecahkan masalah non numeric.

Cara memainkan game ini
·         Pilih kondisi kemenangan yang diinginkan, “harus mengambil icon terakhir” atau “jangan mengambil icon terakhir”
·         Pilih apakah player atau komputer yang jalan terlebih dahulu
·         Player dan komputer secara bergantian mengambil icon sampai kondisi kemenangan tercapai
·         Permainan juga bisa draw atau seri, jika player atau komputer gagal menyelesaikan goal dengan waktu yang ditentukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar