ABSTRAKSI
Game sebagai media
hiburan telah berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya juga
teknologi. Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah
kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, diharapkan elemen-elemen dalam
game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia, salah satu contoh game
yang menggunakan kecerdasan buatan adalah Matches
Matches adalah permainan
yang berbasis AI (Artificial Intelegience), dimana kita adu ketangkasan dengan
lawan untuk menghabiskan ikon yang tersusun
dalam beberapa kolom dan baris atau membuat lawan untuk mengambil ikon
yang terakhir. Karena game ini berbasis AI, maka lawan dapat menyusun
strateginya sendiri untuk mengalahkan player.
PENDAHULUAN
Jika kita menyimak kilas balik sejarah
pembuatan game dan mesinnya, ternyata cukup menarik untuk diperhatikan. Mungkin
tidak banyak orang-orang yang mengetahui siapa pelopor mesin game atau
bagaimana persaingannya antar perusahan game. Lewat kilas balik kita bisa
terheran-heran, terkagum-kagum dan tersenyum lucu melihat bentuk-bentuk mesin
game bahkan gamenya sendiri.
Memang tidak sedikit orang-orang khususnya
orang tua dan guru yang berpikiran kolot meremehkan bahkan menganggap game itu
tidak berguna sama sekali. Padahal mereka tidak sadar akan kesalahan mereka
yang berakibat fatal karena hanya memandang game dengan sebelah mata bahkan
tertutup mata mereka secara keseluruhan.
Dewasa ini, banyak orang – orang bahkan
mungkin anda menganggap game itu terkesan kekanak – kanakan. Tapi jika anda
berfikiran seperti itu, itu sebetulnya merupakan sesuatu kesalahan yang sangat
besar dan fatal. Tahukah anda bahkan ada orang yang berumur lebih dari enam
puluh tahun yang masih bermain game? Padahal jikalau seandainya kita pikir, itu
merupakan usia yang sangat tua bahkan lansia untuk bermain game.
ISI
INITIAL
STATE
Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat
program Transformers Matches adalah posisi dari masing – masing kolom. Pada
permainan ini, pemain bisa memilih satu dari dua kondisi untuk menang, yaitu
“jangan mengambil icon terakhir” atau “harus mengambil icon terakhir”. Game
Transformers Matches merupakan permainan
strategi yang dimainkan seorang pemain
bermain melawan AI komputer.
Pada game ini akan menampilkan 7 buah kolom icon, dimana
masing – masing kolom memiliki jumlah icon yang berbeda. Dalam permainan ini
pemain dan AI memilih icon secara bergantian. Game ini akan mengasah otak
pemainnya. Pemain dipaksa untuk menerapkan strategi yang tepat untuk
memenangkan game ini. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain,
sedangkan Komputer bertindak sebagai lawan. Selain melawan AI, pemain juga
dipacu oleh waktu untuk menyelesaikan game ini.
RULES
Aturan
main (Rules) yang digunakan pada games tic tac toe ini adalah sebagai berikut:
1. User menentukan siapa yang akan
memulai permainan.
2. User dan AI secara bergantian
mengambil icon yang berada pada masing – masing kolom.
3. Komputer diberi pembelajaran untuk
mencegah user untuk mencapai Goal (Tujuan).
4. Komputer juga diberi pembelajaran
untuk memenangkan games ini (tidak mengambil icon terakhir atau mengambil icon
terakhir) .
GOAL
Goal untuk menyelesaikan permainan Transformers Matches ini adalah tidak
mengambil icon terakhir atau harus mengambil icon terakhir. Selain itu, user
harus menyelesaikan permainan sebelum waktu yang diberikan habis
KONSEP
AI
Game
ini berbasis Artificial intelligience (kecerdasan buatan). Kecerdasan buatan
pada game ini ada pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer
akan memainkan permainan layaknya seorang manusia. Komputer akan selalu
berusaha mengalahkan user dengan mengikuti pola pengambilan icon yang user
lakukan. Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang.
Komputer selalu berjalan dan memberikan perlawanan kepada user, sehingga tidak
akan begitu mudah dapat memenangkan game ini.
Dalam game ini, user akan dipacu oleh waktu untuk
memenangkan game ini. Pada umumnya, game ini memiliki dua kondisi untuk
memenangkan game ini. Pertama, user tidak boleh mengambil icon terakhir. Kedua,
user harus mengambil icon terakhir. Selain itu, user dapat memilih apakah user
yang jalan terlebih dahulu atau AI yang akan memulai permainan.
Sebagai alternatif penyelesaian yang lain, beberapa aturan
pencarian heuristic dapat digunakan untuk mengurangi beberapa cabang pohon dari
pohon keputusan yang didapat sehingga terlihat lebih pendek. Contohnya
menggunakan Depth First Search.
Berikut
listing yang digunakan untuk membuat tampilan di atas :
?-
G_Time = 60,
G_Comp_First=0,
G_Take_Last=0,
G_Back is bitmap_image("Mahar\\transformers.bmp",_),
G_Gambar is bitmap_image("Mahar\\optimus.bmp",_),
pen(0,0),
set(pos([4,3,2,1,2,3,4])),
window_n( _, _,
win_utama, "Transformers Matches !!!",
80,80,750,400,_,_,rgb(255,255,255)).
win_utama(init):-
button(G_Button,_,mulai(_),"&Play",100,150,100,35),
button(G_Button,_,options(_),"&Options",250,150,100,35),
button(G_Button,_,about(_),"&About",100,250,100,35),
button(G_Button,_,exit(_),"&Exit",250,250,100,35),
beep("Mahar\\transform.wav").
win_utama(paint):-
draw_bitmap(0,0,G_Back,_,_),
font(15,70,"Comic Sans MS"),
text_out(100, 20,
" TRANSFORMERS MATCHES !!! "),
fail.
Block program win_utama(init) digunakan untuk inisialisasi button – button pada tampilan awal. Untuk block program win_utama(paint) adalah untuk membuat tampilan awalnya, dengan menggunakan format gambar .bmp.
Tampilan jika pemain memenangkan permainan
Tampilan
jika pemain kalah pada permainan
Tampilan
jika draw
PENUTUP
KESIMPULAN
Game Transformers Matches adalah
permainan berbasis AI, dimana player beradu ketangkasan dan menyusun strategi
untuk memenangkan permainin tersebut. Game ini menggunakan algoritma
Backtracking dengan metode DFS (Depth First Search). Game ini memiliki 2
kondisi kemenangan, yaitu “harus mengambil icon teraakhir” atau “jangan
mengambil icon terakhir”.
Kami sangat
berharap kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca, agar kami
dapat terus berkarya. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuatan
makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat, baik untuk penulis maupun
para pembaca.
DAFTAR
PUSTAKA
http://task-campus.blogspot.com/2012/05/algoritma-matches-strawberry-prolog.html
http://denikancil.blogspot.com/2012/05/algoritma-game-matchesfish-pada.html
http://riskawuni.blogspot.com/2011/11/game-matches-pada-strawberry-prolog.html
http://wikheayu.blogspot.com/2011/01/kesimpulan-game-matches.html?m=1