Minggu, 05 Januari 2014

T2 - Desain Pemodelan Grafik - Facial Modelling

Bab 3 Perangkat Lunak
Konsep Blender
Blender dikembangkan sebagai aplikasi in-house oleh studio animasi Belanda NeoGeo dan Bukan Teknologi Nomor (NaN). Hal ini terutama ditulis oleh Ton Roosendaal NaN didirikan pada bulan Juni 1998 untuk lebih mengembangkan dan mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002. Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender dibawah ketentuan dari GNU General Public License, untuk pembayaran satu kali sebesar € 100.000 (US $ 100.670 pada saat itu). Pada tanggal 18 Juli 2002, kampanye pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal dalam rangka untuk mengumpulkan sumbangan dan pada tanggal 7 September 2002 diumumkan bahwa dana yang cukup telah dikumpulkan dan bahwa Blender source code akan dirilis. Hari ini, Blender adalah bebas(free), perangkat lunak open source dan, terlepas dari dua setengah-waktu karyawan dan dua karyawan penuh-waktu dari Institut Blender, dikembangkan oleh masyarakat. Pada bulan Januari / Februari 2002 itu cukup jelas bahwa NaN tidak bisa bertahan dan akan menutup pintu pada bulan Maret. Namun demikian, mereka menemukan energi untuk melakukan setidaknya satu rilis lagi: 2,25. Sebagai semacam-of easter egg, tag pribadi terakhir, para seniman dan pengembang memutuskan untuk menambahkan model 3D dari simpanse. Buku itu diciptakan oleh Willem-Paul van Overbruggen (SLiD3), yang menamainya Suzanne setelah orangutan di Kevin Smith Film Jay dan Silent Bob Kembali Mogok.
Suzanne adalah alternatif Blender untuk lebih umum model uji seperti teko utah dan Stanford Kelinc . Sebuah model low-poligon dengan hanya 500 wajah, Suzanne sering digunakan sebagai cara cepat dan mudah untuk menguji materi, animasi, rig, tekstur, dan setup pencahayaan, dan juga sering digunakan dalam gambar lelucon. Suzanne masih termasuk dalam Blender 2,63.
Interface
Antarmuka pengguna Blender berdasarkan pada 3 prinsip:
  • Non Overlapping: UI mengijinkan anda untuk melihar semua pilihan yang relevan dan peralatan pada satu pandangan tanpa menekan atau menyeret jendela sekitar.
  • Non Blocking: Pilihan peralatan dan antarmuka tidak menghentikan pengguna dari bagian lain manapun Blender. Blender tidak mempopup peminta yang meminta pengguna mengisi data sebelum pelaksanaan sesuatu.
  • Non Modal: Input pengguna harus tetap sekonsisten dan sebisa mungkin diprediksi tanpa mengubah metode penggunaan pada umumnya (mouse, keyboard) pada saat kerja.

Antarmuka yang Powerful
Antarmuka Blender ditulis secara keseluruhan di OpenGL yang mengijinkan anda untuk mengubah antarmuka anda sesuai kebutuhan anda. Jendela dan elemen antarmuka dapat dipan, dizoom dan isinya dipindah ke sekelilingnya. Layar anda dapat disusun dengan tepat sesuai selera anda untuk setiap tugas yang dikhususkan yang dapat maka diberi nama dan disimpan. Blender juga mengutamakan penggunaan shortcut keyboard untuk mempercepat kerja anda. keymaps juga dapat diubah agar mengingatnya menjadi lebih mudah.
Tinjauan
Ayo kita lihat pada antarmuka default. Itu disusun oleh Editors, Headers, Tombol Context , Panels, and Controls.

  • Di Blender, kita memanggil Editor bagian dari perangkat lunak yang mempunyai fungsi spesifik (tampilan 3D, Editor Properties , Editor Video Sequence , Editor Nodes…). tiap editor mempunya Header masing-masing pada atas atau bawah.
  • Context buttons memberi akses ke pilihan. Itu seperti tab dan sering ditempatkan pada header editor (seperti Editor Properties ).
  • Pada tiap editor, pilihan dikelompokan kedalam Panels untuk menyusun antarmuka secara logis (Shadow panel, Color panel, Dimensions panel…).
  • Sidebars termasuk dalam beberapa editor. dalam artian, panels dan controls dikelompokan disana. untuk optimasi ruang kerja, hal itu memungkinakan untuk menyembunyikan sidebar sementara.
  • Panels berisi Controls. ini mengijinkan anda memodifikasi fungsi, suatu pilihan, atau suatu nilai. Di Blender, ada beberapa tipe kontrols :
    • Buttons: Mengijinkan akses ke suatu alat (Translate, Rotate, Insert Keyframe). Peralatan ini biasanya mempunyai shorcut keyboard untuk mempercepat kerja anda. untuk menampilkan shorcut, cukup meletakkan panah mouse pada tombol untuk melihat tips alat.
    • Checkboxes: Mengijinkan untuk pembisaan atau penidakbisaan dari suatu pilihan. Kontrol ini hanya dapat berisi nilai Boolean (Benar/Salah, 1/0).
    • Sliders: Mengijinkan anda untuk memasukkan nilai desimal. Ini dapat dibatasi (dari 0.0 hingga 100.0) atau tidak (dari -∞ hingga +∞). perhatikan bahwa 2 tipe penggeser ada di blender.
    • Select menus: Mengijinkan nilai untuk dipilih didalam daftar. Perbedaan antara ini dengan Checkbox adalah bahwa nilai yang dinamai dan ada, bisa lebih dari 2 nilai pada menu ini.
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
  • Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
  • Ram 64Mb
  • VGA 4Mb
  • Disk Space 35Mb
  • Windows 2000 dan lebih, Linux.
Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.

Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
  • Microsoft Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Fitur – Fitur Blender

Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
  • Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
  • Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
  • Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
  • Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
  • UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
  • Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
  • Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
  • Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
  • Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
  • Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
  • Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
  • Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
  • Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah


Kelebihan Blender

Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
  • Open Source
Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
  • Multi Platform
Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
  • Update
Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
  • Free
Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak . Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
  • Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin , tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
  • Ringan
Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
  • Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute

Sketsa Wajah
Teknik yang saya gunakan ini adalah teknik paling sederhana yang pernah saya gunakan untuk mempermudah anda dalam memahami pembuatan model wajah. Tentunya masih banyak teknik lain yang digunakan oleh artis 3D lainnya.
1. Buka software Blender.
2. Delete objek Cube yang ada. dan kita akan menggunakan objek plane sebagai dasar pembuatan wajah.
3. Gunakan gambar berikut ini sebagai acuan membuat model. tempatkan dua gambar ini pada viewport front dan right. Tentu sebelumnya anda harus split dulu 3D view anda menjadi dua bagian.




4. Atur posisi gambar sehingga memiliki ukuran yang sama
5. Buat sebuah objek plane dan rotasi menghadap kedepan dari viewport front
6. Masuk ke edit mode (TAB) dan cut loop menjadi dua bagian (CTRL+R). posisikan tiap vertex seperti pada gambar berikut ini:



7. Aktifkan seleksi FACE. Seleksi face bagian atas, lalu extrude (E), langsung klik kanan, dan scale (S) sehingga seperti pada gambar berikut



8. Lakukan juga pada face bagian bawah. dan delete face (X) seperti keterangan pada gambar berikut:



9. Kemudian geser posisi vertex seperti pada gambar berikut



10. Tambahkan edge loop dengan cut loop (CTRL+R) pada bagian atas dan bawah mata



11. Atur vertex pada bagian bibir, matadan hidung sehingg membentuk seperti pada gambar berikut


12. Tambahkan cut loop (CTRL+R) pada mata



13. Detailkan pada bagian mata

14. Extrude (E) face hidung


15.Seleksi face bawah hidung, extrude (E) dan scale (S) untuk lobang hidung



16. Hilangkan edge berikut dengan cara tekan X > disolve
17. Gunakan Knife tool (K) untuk membuat egde baru seperti pada gambar berikut. Gunakan Space bar untuk meng-comfirm perintah knife



18. Lakukan juga untuk bagian egde berikut. Hilangkan edge ini

19. Gunakan knife (K) lagi untuk membuat edge berikut



20. Hilangkan edge ini (disolve)



21. Ganti dengan edge berikut. gunakan knife tool (K)




22. Kembali ke bagian bawah mata. Buat edge baru dengan knife (K) melanjutkan bagian yang kita hilangkan tadi



23. Tambahkan edge dengan cut loop (CTRL+R) untuk bagian mulut (samping dan bawah) juga bagian hidung



24. Atur posisi vertex sehingga tidak berdempetan. untuk mempermudah menggeser beberapa edge sekaligus gunakan EDGE SLIDE (CTRL+E > EDGE SLIDE)

Anda harus tetap memperhatikan gambar acuan tampak depan dan samping agar model yang kita buat tidak jauh berbeda dengan foto referensi.
25. Atur posisi vertex terluar sehingga membentuk seperti ini



26. Seleksi vertex berikut



27. extrude (E)



28. merge (ALT+M) kedua vertexyang terpisah menjadi menyatu seperti pada gambar berikut



29. Seleksi vertex berikut, dan extrude



30. extrude (E) beberapa kali dan rotasi (R) untuk membentuk seperti pada gambar berikut

31. Seleksi edge berikut



32. lalu extrude (E)



33. Sekarang aktifkan edge yang bagian bawah dari face yang baru saja kita buat. Lalu extrude seperti gambar berikut.



34. tambahkan cut loop, dan merge (ALT+M) pada dua vertex sehingga menyambung seperti pada gambar dibawah ini
35. Extrude (E) edge bagian bawah (dagu)



36. extrude lagi kebawah sehingga sejajar dengan face bagian bawah (leher bawah)



37. Cut loop bagian mata



38. Seleksi bagian pinggir bibir. gunakan ALT agar terseleksi secara loop. kemudian extrude dan scale sehingga membentuk bibir

39. Tambahkan edge jika dibutuhkan. Namun saya ingatkan untuk tetap membuat seminimal mungkin jumlah edgenya (low poly)Selanjutnya anda bisa berimprove agar model wajah yang anda buat semakin baik.
Demikianlah tutorial membuat wajah dengan teknik tercepat yang tergolong tidak rumit.




Minutes of Meeting T2 kelompok “Face Modelling”








Pertemuan ke Tanggal Tempat Waktu Pencapaian
1 11/11/13 Lawson Kelapa Dua 11.30 – 13.30 Membuat Job Desc, Mile Stone dan mengatur jadwal pertemuan berikutnya
2 18/12/13 via E-mail 14.00 Mengirim materi via E-mail.
3 19/12/13 Perpustakaan Kampus H Gunadarma 10.30 – 15.00 Membuat Penjelasan materi: sejarah pemodelan, gtafik, fungsi Blender 3D & tutorial Face nodelling.






sumber :

http://erickpursana.weebly.com/lda-linear-descriminant-analysis.html
http://journal.uii.ac.id/index.php/media-informatika/article/viewFile/13/12
http://ardi-firmansyah.blogspot.com/2010/11/blender-getting-started.html/
http://www.blendermagz.com/
http://sukariyana.blogspot.com/
http://resariski.wordpress.com/2010/12/21/sedikit-tentang-blender/
http://hannyhermione.blogspot.com/2013/01/pengenalan-blender-3d.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar