Kamis, 15 Januari 2015

Membuat Desain Cafe Book dengar Blender3D



3.4.1    Pembuatan Lantai dan Dinding
Langkah awal pada pembuatan sebuah bangunan akan dimulai dari pembuatan lantai dan dinding, untuk pembuatan lantai lakukan dengan memasukkan objek cube lalu sesuaikan dengan ukuran yang dinginkan dengan cara melakukan Scale. 

Gambar 3.5 Memasukkan Cube


Gambar 3.6 Pembuatan Lantai
 
                        Pada pembuatan dinding menggunakan cara extrude lalu sesuaikan dengan dinding dengan ukuran yang dinginkan dengan scale sumbu x, y, dan z.  Lalu masuk ke edit mode, Kemudian menambahkan panjang dengan metode extrude dan lakukan berulang kali hingga membentuk sebuah dinding runagn yang diinginkan. 


Gambar 3.7 Pembuatan Dinding

3.4.2    Pembuatan Dinding Kaca
                        Tahap selanjutnya adalah pembuatan dinding kaca, untuk membuat diubah dalam edit mode pada dinding yang telah dibuat, lalu memilih  face  mana yang akan di transparency untuk menjadi sebuah jendela, setelah memilih faces,  properties, lalu  material > New material> Change color diffuse > Transparency. Keterangan terdapat pada  Gambar 3.5 dan Gambar 3.6.


Gambar 3.8 Tansparency Untuk Jendela






Gambar 3.9 Pembuatan Jendela

3.4.3    Pembuatan Pintu
Tahapan selanjutnya adalah pembuatan pintu, untu pembuatan pintu gunakan cube. lalu sesuaikan ukuran pintu dengan dinding.terdapat kaca pada bagian atas pintu maka,  cube  yang telah ada agar sesuai lalu buat menjadi transparan seperti pada jendela dengan masuk ke panel properties, properties, lalu pilih material > New material> Change color diffuse > Transparency.  Lihat Gambar 3.


Gambar 3.10 Pembuatan Pintu


3.4.4    Pembuatan Meja
Pada pembuatan meja, digunakan 2 objek, yaitu cube dan cylinder, dimana Cylinder digunakan pada kaki meja.
                       
3.4.4.1 Meja Kecil
Untuk membuat Meja kecil yang dibutuhkan adalah cube dan cylinder dengan cara Shift+A > mesh> cube lalu scale menjadi persegi sama sisi dengan menyesuaikan sumbu x, y, dan z.  Lalu memasukkan cylinder dengan cara Shift+A > mesh> cylinder, scale menyesuaiakan dengan cube, gabung cylinder sebagai kaki penyangga meja, shift+d pada cylinder untuk menduplikasi, ubah scale kembali cylinder untuk digunakan sebagai bagian bawah dari penyangga meja, lalu beri warna meja dan join dengan mengambil semua bagian meja lalu gunakan ctrl+j. 


Gambar 3.11 Meja Single 

3.4.4.2 Meja Panjang
Pada pembuatan Meja Panjang yang dibutuhkan hanya cube yang akan disesuaikkan dengan ukuran meja persegi panjang serta kaki meja pada ujung – ujungnya, tekan shift+a > mesh > cube, scale menjadi persegi panjang, lalu masuk ke edit mode, tekan ctrl+r untuk menambahkan faces, lalu ctrl+e untuk extrude bagian ujung meja untuk membuat kaki meja. 


Gambar 3.12 Meja Panjang

3.4.5    Pembuatan Sofa dan Kursi
Pada pembuatan kursi juga dibagi menjadi dua, yaitu Sofa dan Kursi. Untuk pembuatan sofa menggunakan cube, ctrl+a > mesh > cube. Scale cube menjadi sebuah persegi panjang, dengan sumbu x yang lebih tinggi, kemudian tambahkan satu cube untuk membuat scale menjadi tipis, kemudian diubah kedalam edit mode, gunakan ctrl+r untuk menambahkan face,  pada bagian atas diujung kiri dan kanan dibuat menjadi segitiga siku – siku. 


Gambar 3.13 Rangka Sofa Panjang

Setelah selesai membuat rangka dari sofa panjang, selanjutnya pembuatan bantalan pada sofa, dengan menggunakan cube ctrl+a > mesh > cube. Kemudian Scale menyesuaikan dengan ranagka yang sudah ada. Pada properties, add modifier, kemudian subdivision surface, dalam kasus ini dipilih style 3 lalu apply.  Masukkan warna menyesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya. 


Gambar 3.14 Sofa Panjang

Pada tahap pembuatan kursi yang dibutuhkan adalah cube, shift+a > mesh > cube.  Scale sehingga menjadi sebuah persegi sama sisi, pindahakan pointer ke panel properties,  add modifier > subdivision surfaces > style 3 > apply.  Shift+d untuk copy cube menjadi 3, lalu susun seperti pada Gambar 3.14.


Gambar 3.15 Bantalan Kursi

Untuk membuat kaki kursi dibutuhkan empat buah cylinder yang dibuat scale menyerupai sebuah pipa.  Shift+a > mesh > cylinder.  Tekan shift+d untuk copy cylinder menjadi empat bagian, lihat Gambar 3.15 dan Gambar 3.16

Gambar 3.16 Kaki Kursi


Gambar 3.17 Kursi Jadi

3.4.6    Pembuatan Alat Dapur
Dalam dapur Cafe Book terdapat berbagai mesin dan alat yang digunakan untuk membuat makanan, diantaranya Ice Cream Machine, dan French Fries Heater.

3.4.6.1 Ice Cream Machine
Tahap pembuatan mesin es krim ini menggunakan sebuah cube yang dibentuk sedemikian rupa hinnga menyerupai bentuk mesin es krim yang sesungguhnya, tekan shift+a > mesh > cube.  Mengubah bentuk cube seperti tabung lalu dalam edit mode, ctrl+r untuk menambahkan faces, kemuidan dibentuk hingga menyerupai aslinya, lihat gambar 3.18.


Gambar 3.18 Ice Cream Machine

3.4.6.2 French Fries Heater
Pada tahap pembuatan mesin French Fries Heater ini akan digunakan sebuah cube dan cylinder, shif+a > mesh > cube.  Selanjutnya mengubah bentuk cube dengan masuk ke edit mode > ctrl+r > untuk menambahkan faces secukupnya, lalu gunakan  extrude hingga menyerupai sebuah pemanas kentang goreng, beri warna dengan tools diffuse.

Gambar 3.19 French Fries Machine


3.4.7    Komputer Kasir
Pada tahap pembuatan Komputer Kasir dibutuhkan cube dan cylinder.  Tekan shift+a > mesh > cube. Scale cube hingga menyerupai sebuah layar, masuk ke edit mode, extrude beberapa bagian dan bentuk sesuai dengan aslinya.  Lalu cylinder discale menyerupai sebuah bentuk Oval, kemudian semua dgabungkan hingga menjadi sebuah Komputer Kasir.


Gambar 3.20 Komputer Kasir

3.4.8    Pembuatan Atap
Pada tahap pembuatan atap yang dilakukan adalah menyesuaikan bentuk dinding cafe sebagai pinngiran atap, dengam melakukan extrude untuk menyesuaikan dengan dinding, lalu blok semua vertex kemudian tekan F untuk membuat face.


Gambar 3.21 Atap

3.4.9    Pembuatan Tangga
Pada pembuatan tangga membutuhkan sebuah cube dengan menggunakan shift+a > mesh > cube.  Akan dibagi beberapa faces pada cube agar menjadi beberapa bidang, untuk masuk kedalam edit mode kemudian ctrl+r untuk membuat  faces tambahan, buat sehingga menjadi beberapa bagian, terakhir  extrude ke bagian atas dengan menggunakan ctrl+e. 


Gambar 3.22 Tangga
3.4.10  Pembuatan Lantai Atas
Dengan dibuatnya atap yang rata, maka pada pembuatan lantai atas akan menggunakan sebuah cube sebagai obejk lantai. Bagi beberapa sisi atap pada lantai atas dibagian pinggir, kemudian extrude untuk menjadikannya sebuah dinding.


Gambar 3.23 Lantai Atas


3.4.11  Pembuatan Lapangan Parkir
Pembuatan lapangan parkir dan jalanan menggunakan sebuah cube.  caranya shift+a > mesh > cube. Ukuran cube diatur agar menjadi tipis dan lebih besar dari bangunan, kemudian masuk ke edit mode lalu tambahkan faces (ctrl+r), bentuk faces untuk membuat wilayah jalanan, taman, dan lahan parkir.  Lalu diberi warna. 

Gambar 3.24 Lapangan Parkir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar