Game Engine Unreal
Banyak sekali game engine yang
digunakan untuk membuat game, seperti OGRE, RealmForge, Irrlicht,
Crystal Spaces Genesis 3D. game engine tersebut pasti mempunyai fitur
dan kelebihan kekurang sendiri-sendiri, dan disini yang akan dibahas
adalah Unreal Engine. Unreal Engine dikembangkan oleh Epic Games, yang
mempunyai fitur tingkat tinggi dan sering digunakan bagi para developer
game saat ini, UE3 pernah dirilis dan dirancang untuk Microsoft DirectX 9
(untuk Windows dan Xbox 360), DirectX 9 untuk Windows Vista, DirectX 11
untuk windows 7 dan OpenGL untuk OS X, Linux, PS3, Wii U, iOS, Android
dan HTML 5 / JavaScript tahap 3D untuk adobe flash player 11.
Unreal Engine 1
dimulai debutnya pada tahun
1998, mempunyai teknik render terpadu, kecerdasan buatan, visibilitas
jaringan, dan manajemen system file kedalam engine yang lengkap. UI1
memberikan jalur render hardware – accelerated menggunakan Glide API,
dan diperbarui untuk OpenGL dan Direct 3D.
Unreal Engine 2
dimulai
pada debut tahun 2002, game engine tersebut diperbarui dengan
meningkatkan asset serta menambahkan dukungan untuk Game Cube dan Xbox,
dan ingin bisa juga dipakai untuk console Wii, X360, PS3,PSP dan 3DS.
Pada UE2.5 merupakan perbaharuan dari UE2, mempunyai tingkatan
rendering, dan motor physics dan dipakai untuk Unreal Championship pada
platform Xbox asli. Pada tanggal 24 maret 2011, Ubisoft Montreal
mengungkapkan bahwa UE2 berhasil berjalan pada Nintendo 3DS.
Unreal Engine 3
dirancang untuk DirectX versi
9-11 untuk Windows dan Xbox 360 yang dilengkapi dengan system OpenGL
termasuk PS3, OS X, iOS, Android, tahap 3D untuk Adobe Flash Player 11,
javasript / WebGL, PSVita dan Wii. Proses render didukung banyak teknik
tinggi seperti HDDR, per-pixel lighting dan dynamic shadows. UE3 juga
telah melihat adopsi oleh banyak proyek-proyek non game seperti :
· Jace Aulia mendorong batas-batas film tradisional dengan menggunakan
mesin game komputer U3 untuk memenuhi tantangan menjiwai karya Surealis
Alex Pardee
· Acara TV Lazy Town menggunakan UE3 selama syuting untuk menghasilkan
set virtual untuk integrasi real-time dengan cuplikan actor dan bonek
tampil.
· Animasi perangkat Lunak “Muvizu 3D”.
· FBI lisensi Epic Unreal Development Kit untuk digunakan dalam simulator untuk pelatihan.
Unreal Engine 4
mempunyai fitur utama yaitu
ilminasi global real-time menggunakan voxel kerucut tracing,
menghilangkan kebutuhan untuk perhitungan tiap penerangan. UE4 juga
dilengkapi fitur pengembang baru untuk mengurangi waktu iterasi dan
memungkinkan memperbarui langsung C++ kode. Fitur baru debugger untuk
“kismet” (mesin scripting visual pada UE3) memungkinkan developer dapat
memvisualisasikan kode saat pengujian. Developer juga dapat melihat
sourcecode dan mengeditnya dalam Visual Studio.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar